Cara Alami Atasi Sakit Tenggorokan dan Batuk

Cara Alami  Atasi Sakit Tenggorokan dan Batuk – Jika tenggorokan kita sakit sungguh mengganggu kegiatan kita sehari-hari. Memang radang tenggorokan ini nanti akan menyebabkan batuk. Namun bagi beberapa orang tidak hanya batuk saja yang dialami. Gejala lain di antaranya seperti  pilek, demam, dan kepala pusing.

Selama kita menjalani kegiatan sehari-hari, sebaiknya juga berhati-hati terhadap segala jenis virus yang dapat menyerang tubuh. Namun yang lebih penting apakah kita bisa menjaga tubuh tetap fit setiap saat?

Radang tenggorokan yang juga disebut faringitis bisa tertular dari faktor udara, air, dan makanan. Ada beberapa cara menggunakan bumbu dapur atau buah-buahan yang dapat menyembuhkan secara alami diantaranya adalah:

Berkumur dengan Campuran Air, Kunyit, dan Garam

Lakukanlah hal ini selama beberapa kali dalam sehari. Rasa sakit yang dirasakan selama mengidap penyakit tenggorokan akan menghilang secara perlahan-lahan.

Merica, Garam, dan Bubuk Kayu Manis

Bahan-bahan ini juga dapat dilakukan untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Adanya kandungan anti oksidan dan sifat dari anti bakteri dari bubuk kayu manis dapat mengurangi radang tenggorokan. Sedangkan garam mengandung anti bakteri dan anti mikroba yang dapat atasi radang tenggorokan. Begitu juga dengan merica yang berperan mengatur pernafasan selama penyakit ini terjadi.

Baca Juga : Tips mempercepat koneksi internet untuk windows XP dan Vista

Bagaimana cara membuatnya? campurkan setengah sendok makan merica bubuk ke dalam gelas dan setengah sendok makan merica dan garam. Aduklah dengan rata. Minumlah selama 2 kali sehari.

Madu dan Lemon

Madu adalah bahan alami yang sering digunakan untuk mengobati penyakit tenggorokan. Karena adanya kandungan anti bakterial dalam membantu proses pengobatan. Dan lemon berfungsi untuk mengobatinya. Kedua bahan ini sungguh tepat dan efektif untuk mengobati sakit tenggorokan dan batuk.

Jus Buah Belimbing

Buah belimbing memiliki sifat anti peradangan sehingga ampuh untuk mengatasi radang tenggorokan. Cara penggunaanya jus buah belimbing dengan air lalu konsumsi secara 3 kali sehari. Terutama bagi anak-anak ini adalah pengobatan yang paling tepat.

Teh Jahe

Untuk menikmati minuman berkhasiat ini cukup iris beberapa ruas jahe dan nikmati dengan secangkir teh hangat. Karena kandungan zingiberin di dalam jahe dapat menghilangkan racun dan membunuh bakteri jahat di dalam tubuh.

Itulah beberapa cara alami menyembuhkan sakit tenggorokan dan batuk dengan berbagai macam bahan tanaman maupun buah-buahan yang ada di dapur Anda. Sebagai refleksi, Rasulullah bersabdah. “Tidaklah Allah menurunkan penyakit kecuali Dia juga menurunkan penawarnya.” (HR. Bukhari). Semua penyakit pasti ada penawarnya. Jadi kita tidak perlu panik jika tiba-tiba merasa sakit tenggorokan dan bantuk, karena penawarnya sudah ada di sekitar kita (dapur). Semoga bermanfaat.

Dari berbagai sumber.

Faiz Jawami’ Amzad