WhatsApp Batasi Pesan yang Diteruskan Cegah untuk Hoaks

WhatsApp Batasi Pesan yang Diteruskan Cegah untuk Hoaks – Sebagai aplikasi yang sangat pesat penggunanya, WhatsApp akan meluncurkan fitur baru yang membantu pengguna menghentikan pesan spam dalam grup. Platform pesan instan tersebut meluncurkan fiturnya untuk pengguna iOS dan Android dalam beberapa hari kedepan.

Nantinya, fitur baru ini akan membatasi penerusan pesan hanya ke satu grup WhatsApp. Batasan baru mencegah pengguna untuk mengirim pesan yang diteruskan ke lebih dari satu obrolan grup sehingga akan meresahkan dan menimbulkan celah pemberitaan hoaks. Saat ini, fitur sedang dalam pengujian oleh pengguna Android beta dan akan bergulir ke versi iOS baru.

Sebagai badan pelacak WhatsApp, WABetaInfo menemukan tidak mungkin lagi meneruskan pesan yang diteruskan ke lebih dari satu obrolan grup sekaligus. Fitur ini dinilai sebagai cara tambahan untuk membatasi spam dan informasi yang salah sehingga menjadi mata rantai penyebaran berita hoaks.

Baca Juga : Update Baru Toshiba di Bulan Ramadhan

“Aturan baru untuk meneruskan pesan hanya berlaku untuk pesan yang sudah diteruskan,” kata WABetaInfo, dilansir LiveMint, Senin (4/4/2022).

Batasan baru telah diluncurkan untuk penguji beta Android tertentu, tetapi WhatsApp sekarang mengaktifkan pembatasan yang sama untuk lebih banyak pengguna yang menginstal pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.22.8.11. Dalam beberapa pekan mendatang, lebih banyak pengguna akan mendapatkan perubahan yang sama dari berbagai versi OS.

Baca Juga : Digital Falak, Aplikasi Pengingat Sholat Buatan Santri

Selain itu, WhatsApp berencana untuk mengganti tab untuk kamera dengan tab untuk komunitas baru yang mungkin dialihkan ke Beranda Komunitas dan berupaya menghadirkannya ke dalam aplikasi iOS.

Saat Anda membuka tab ini dan tidak ada komunitas yang tersedia, Anda dapat membaca pengantar untuk komunitas. Komunitas menyatukan grup terkait dan semua komunitas Anda atau komunitas yang Anda tambahkan akan muncul di bagian ini.

“Mungkin akan segera dikatakan apa yang akan ditawarkan komunitas, tetapi kami tahu bahwa komunitas juga memungkinkan kami menjangkau semua orang sekaligus dengan mengirim pesan ke semua anggota mereka jika kami adalah admin komunitas,” tambahnya.

Fitur ini belum tersedia karena sedang dalam pengembangan. Akan dirilis dalam pembaruan aplikasi kisaran minggu ini.

@faizamzad