Jenis-Jenis Genre Fotografi yang Populer Saat Ini

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas jenis-jenis lensa yang sering digunakan dalam fotografi, maka pada pembahasan kali ini kita akan berfokus pada Jenis-Jenis Genre Fotografi yang Populer Saat Ini. 

Bagi teman-teman yang belum membaca mengenai artikel kita sebelumnya dapat melalui link di bawah ini :
Fotografi merupakan aktivitas yang sangat sering dilakukan orang-orang pada saat ini, selain hanya sekedar hobi ada beberapa fotografer yang terkonsentrasi penuh menjadikan fotografi sebagai profesi utamanya.
Melihat dua kategori tersebut, maka seiring berjalannya waktu genre fotografi akan semakin bervariasi, mengikuti perkembangan zaman yang sedang hits.
Bagi teman-teman yang belum mengetahui apa saja genre fotografi yang populer pada saat ini, maka pada kesempatan kali ini pula kami akan membahas mengenai Jenis-Jenis Genre Fotografi yang Populer Saat Ini.
Berikut ulasan mengenai Jenis Jenis Genre dalam Fotografi :
  • Portrait Photography
Portrait fotografi atau juga sering disebut sebagai portraiture merupakan jenis genre fotografi yang berfokus memotret seseorang, entah itu tokoh figur, model, pasangan, keluarga. Proses penerapan jenis genre yang satu ini dapat mengikuti tema yang dilakukan, setting lokasi ataupun asesoris pendukung yang sudah dipersiapkan. Portrait photography dapat dilakukan di dalam ruangan (indoor) ataupun luar ruangan (outdoor).
  • Landscape Photography
Landscape photography merupakan genre fotografi yang berfokus pada sebuah objek yaitu pemandangan alam, bentang alam, dan juga pemandangan sebuah kota yang luas. akhir-akhir ini jenis genre fotografi yang satu ini mulai ramai diminati oleh orang-orang, pasalnya jika dahulu memotret sebuah landscape / pemandangan hanya menggunakan kamera digital, maka pada era saat ini memotret landscape sudah dapat dilakukan dengan bantuan drone.
Menggunakan drone untuk pengambilan foto landscape dapat memudahkan seseorang dalam menjangkau sebuah area yang sangat sulit dilakukan oleh tubuh kita, misalnya jika ingin mengambil bentang alam di atas kawah, maka dengan menggunakan drone, dapat menjadi alternatif yang sangat sempurna.
  • Macro Photography
Macro Photography
Sesuai dengan namanya, Macro photography berfokus mengambil objek yang sangat kecil, seperti memotret  hewan-hewan yang bertubuh kecil dengan sangat detail, ataupun benda-benda yang kecil, sehingga dapat menangkap sisi indah sebuah objek dari dimensi yang tidak mampu dijangkau oleh mata kita.
  • Human Interest
Human Interest
Human Interest sendiri jika diartikan ke dalam bahasa indonesia berarti ketertarikan kepada manusia, maka jika disimpulkan secara sederhana Genre fotografi human interest merupakan jenis fotografi yang terfokus pada kegiatan sosial seorang manusia dengan kesehariannya. berbeda dengan Portrait photography, human interest menyajikan hasil foto tanpa settingan, atau dalam kata lain menyajikan realitas kehidupan seseorang secara faktual.
  • Street Photography
Street Photography
Street photography sendiri sering berkaitan dengan kehidupan jalanan di suatu wilayah, namun kebanyakan berfokus pada situasi jalanan di sebuah kota. berbeda dengan Human Interest, Street Photography lebih berfokus pada suasana jalanan, sehingga tidak menonjolkan seseorang dalam hasil fotonya. Meskipun sama-sama mengutamakan realitas sosial, street photography lebih menonjolkan vibes atau nuansa sebuah situasi jalanan, entah itu suasana kerumunan orang, mobil dan lain-lain.
  • Product Photography
Product Photography
Salah satu jenis genre fotografi yang satu ini mengkombinasikan sisi estetika dan fungsi terapan, Product Photography merupakan jenis genre fotografi yang berfokus memotret sebuah produk, sehingga dapat digunakan untuk keperluan jualan, promosi dan lain-lain. Melihat hal tersebut keperluan dan tujuan product photography adalah untuk membangun brand image sebuah produk sehingga dapat membantu mengembangkan, mempromosikan hasil produk sebuah perusahaan.
  • Astrophotography
Astrophotography
Jika ditilik melalui namanya, astrophotography merupakan jenis fotografi yang berfokus memotret objek astronomi, seperti bintang, planet, bulan, galaksi dan berbagai objek astronomi yang lain.
Menjadi astrophotographer dibutuhkan pengetahuan, skill dan juga gear yang mendukung sehingga dapat menghasilkan kualitas foto astronomi yang baik.
  • WildLife Photography
WildLife Photography
WildLife Photography merupakan genre fotografi yang berfokus memotret kehidupan liar seekor hewan dalam ekosistemnya. Jenis genre fotografi yang satu ini biasanya dilakukan oleh sebuah lembaga dalam memantau eksistensi seekor hewan, baik dari jumlah populasinya, roda ekosistemnya, dan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan liar seekor hewan di habitatnya.
Demikianlah ulasan mengenai Jenis-Jenis Genre Fotografi yang Populer Saat Ini, semoga dapat membantu menjawab rasa penasaran teman-teman yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai ranah fotografi.
Pada kesempatan selanjutnya, kita akan membahas mengenai Keterkaitan antara Jenis Lensa dan Genre Fotografi.
Salam Hangat, 
visualogi.com
👉 TRENDING :  Jenis-Jenis Lensa yang Sering Digunakan dalam Fotografi