Cara Mengatur Settingan Kamera Sony a6000 agar Mendekati S-Log

Salah satu fitur yang tidak dimiliki sony a6000 adalah fitur S-Log, beberapa line-up penerus sony a6000 sudah memiliki fitur tersebut seperti Sony a7 series.

S-Log sendiri merupakan singkatan dari Sony Log yaitu sebuah kurva log yang didesain secara khusus agar memudahkan pengguna kamera Sony dalam proses Colorgrading, istilah sederhananya adalah merupakan tampilan warna flat pada hasil rekaman, jika dalam fotografi kita sudah banyak mengetahui format RAW, maka dalam videografi fitur S-Log menjadi fitur yang membuat hasil rekaman video menjadi flat, dan sangat mudah untuk diperbaiki pencahayaan, warna maupun kontrasnya.

Terdapat perbedaan nama dari masing-masing brand kamera untuk fitur tersebut, seperti halnya Canon yang memberi nama C-Log, Fujifilm memberikan nama F-Log, Nikon juga memberikan nama fitur dengan sebutan N-Log, maka S-Log sendiri berarti merujuk kepada brand Sony.

Melihat fitur tersebut belum tersedia di kamera sony generasi lama seperti sony a5000, a5100, ataupun Sony a6000, maka pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan ulasan mengenaiĀ Cara Mengatur Settingan Kamera Sony a6000 agar Mendekati S-Log.

Seperti yang kita ketahui, pada settingan pabrik kamera sony a6000 biasanya menggunakan creative style standard sebagai pilihan yang sudah tersetting saat pertama kali membeli kamera. Jika kita mengkulik lebih dalam mengenai settingan warna pada kamera sony a6000 sendiri di fitur Creative Style sendiri menyediakan fitur “custom” yang dengan leluasa dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan dan selera kita.

Lantas bagaimana cara mengatur settingan kamera sony a6000 agar mendekati S-Log?

untuk mengatur fitur tersebut diperlukan beberapa langkah sederha yaitu sebagai berikut :

Cara Mengatur Settingan Kamera Sony a6000 agar Mendekati S-Log

  • Klik Menu
  • Geser ke Menu Pertama Baris Ke Tiga
  • Scroll Ke Bawah dan Pilih Creative Style
  • Pilih Neutral
  • Atur Nominalnya Menjadi (-2, -1, 0)
šŸ‘‰ TRENDING :  Kumpulan Twibbon Hari Santri Nasional 2021

Berikan Nominal -2 Pada pilihan Contrast,

Pemberian Nominal -2 Pada pilihan kontras bertujuan menurunkan kontras sehingga detail gambar yang dihasilkan akan mudah diperbaiki.

Berikan Nominal -1 Pada Pilihan Saturation,

Saturation sendiri merupakan kehangatan warna sebuah objek, jadi mengurangi nominal saturation akan mempermudah dalam pemberian colorgrading dan color correction.

Berikan Nominal 0 pada Pilihan Sharpness,

Sharpness sendiri berarti ketajaman, dalam pilihan ini kita biarkan saja menjadi 0 karena kita tidak akan mengurangi ketajaman hasil video yang kita rekam.

Demikianlah ulasan mengenaiĀ Cara Mengatur Settingan Kamera Sony a6000 agar Mendekati S-Log, semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman videografer yang menggunakan kamera a6000 dalam produksi video.

Salam Hangat,

visualogi.com

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci :
picture style sony a6000